THERAPY KOMPLEMENTER MOM AND BABY SPA

THERAPY KOMPLEMENTER MOM AND BABY SPA

  • Sabtu, 29 Oktober 2016
  • Admin
THERAPY KOMPLEMENTER MOM AND BABY SPA

Bentuktindakan intervensi kebidanan yang digunakan dalam sistem pelayanan kebidanankonvensional yang telah disepakati oleh kelompok keilmuwan tertentu dandijadikan pokok dalam penanganan pasien yang didukung oleh penggunaan standardalam tindakan kebidanan yang didasarkan pada hasil kajian sistematik danevidance base tertentu.

Kenapa bidanboleh menggunakan therapy komplementer dan alternative?. George 1995 dalam (Andris, Nicolas & Wolf(2006), mengatakan bahwa bidan pada dasarnya adalah profesi yang memberikanpelayanan secara holistik, sehinggapengggunanaan therapy komplementer dan alternatif merupakan salah satucara untuk membantu pasien secara fisik, mental, sosial dan emosional.

Terapi Komplementer merupakan metode penyembuhan yangcaranya berbeda dari pengobatan konvensional di dunia kedokteran, yang mengandalkan obat kimia dan operasi, yang dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan. Banyak terapi modalitas yangdigunakan pada terapi komplementer mirip dengan tindakan perawatan seperti teknik sentuhan, masase dan manajemen stress.

Komplementer adalah cabang ilmu yang menerapkan pengobatan non konvensional yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yangberfungsi sebagai terapi suportifuntuk mengontrol gejala, meningkatkan kualitas hidup, dan berkontribusi terhadap penatalaksanaan pasien secara keseluruhan, diperoleh melalui pendidikan terstruktur dengan kualitas, keamanan dan efektifitas yang tinggi berlandaskan ilmu pengetahuan biomedik tapi belum diterima dalam kedokteran konvensional.

Momand Baby Spa adalah salah satu jalan untuk relaksasitubuh setelah lelah beraktivitas sepanjang hari maupun sepanjang minggu. Denganmelakukan Spa akan merasakan pijatan lembut dan refleksi tubuh sehingga bisakembali segar dan siap beraktivitas kembali. Spa bisa dilakukan kepada siapasaja, termasuk bayi, Ibu hamil dan pasca melahirkan. Spa untuk bayi dilakukan dalam bentuk pijatan. Tujuannyaadalah untuk memperlancar peredaran darahserta masih banyak lagimanfaat dari Mom & Baby Spa yang bisa didapatkan untuk kesehatan ibu dan bayi.

TujuanPelatihan

1)Peserta memahami Aspek legal terapi komplementer

2)Pesertamemahamikonsep model terapikomplementer

3)Pesertamemahamikategoridari terapi komplementer

4)Pesertamemahamiteknik asuhan pada terapi komplementer

5)Sistem penanggulangan penderita gawatdarurat terpadu.

6)Pesertamemiliki pengetahuan danketerampilan dalam pelaksanaan terapi komplementer seperti akupoint pada beberapa kasus, praktikum massage, praktikum Jin Sin Jiutsu,praktikum back massage, praktikumacupressure, praktikum body integrasi dan akupuntur.

7)Pesertamemahamipelaksanaanthetapykomplementer Mom and Baby Spa

InstrukturPelatihan

Instruktur pelatihan Keperawatan Komplementer adalah Perawat yangberpengalaman dalam pelaksanaan terapi komplementer yaitu : 1) Ns. I Wayan Suardana, S.Kep, M. Kep dan 2) Ns. N.L.K. Sulisnadewi, S.Kep, M. Kep, Sp.An

TanggalKegiatan Pelatihan:

28 Oktober 2016 sampai dengan 30 Oktober 2016

MetodePelatihan

Pelatihandilaksanakan dengan dukunganalat peraga danaudiovisual.

Pelatihan meliputi :

a. Teori

b. Praktek

c. Simulasidengan berbagai macam contoh kasus yang didesain oleh instruktur pelatihan


List Komentar

ihza chayra

Sabtu, 02 April 2022

thanks for your information, dont forget to visit airlangga university website http://news.unair.ac.id/2022/04/02/terapi-komplementer-bekam-efektif-menurunkan-nyeri-punggung-bawah-kronik/

Tinggalkan Komentar





BERITA LAINNYA