Tata Tertib Laboratorium

Tata Tertib Laboratorium

  1. Pengguna laboratorium wajib menggunakan jas laboratorium serta Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.
  2. Mengisi buku kunjungan laboratorium.
  3. Mengetahui fasilitas laboratorium, mengenal dan berkoordinasi dengan koordinator laboratorium.
  4. Menyimpan barang bawaan didalam loker yang telah disediakan.
  5. Tidak dibenarkan membawa makanan dan minuman, merokok dan berhias di dalam laboratorium.
  6. Pengguna laboratorium tidak diperbolehkan bercanda selama praktikum
  7. Apabila mengalami kondisi yang tidak aman, kecelakaan atau kerusakan alat segera melapor kepada petugas laboratorium.
  8. Ikut menjaga dan merawat fasilitas laboratorium.
  9. Jika terjadi kebakaran, singkirkan ataujauhkan semua bahan atau barang dari api dan gunakan alat pemadam kebakaran yang tersedia.
  10. Mematuhi dan memenuhi standar kerja di laboratorium.
  11. Mengetahui tindakan awal apabila terjadi keadaan darurat (emergency).
  12. Tidak diperkenankan berkeliaran di luar lingkungan laboratorium dengan mengenakan jas laboratorium dan membawa alat laboratorium tanpa izin.
  13. Jika mengalami kesulitan atau memerlukan konsultasi dapat menghubungi Koordinator Laboratorium.

Tata Tertib Pelaksanaan Kegiatan di Laboratorium

Pendidikan (Praktikum)
  1. Dosen melakukan konfirmasi jadwal praktikum kepada penanggung jawab laboratorium atau laboran 1 jam sebelum jadwal praktikum terjadwal.
  2. Dosen, asisten dosen dan praktikan (mahasiswa) hadir 15 menit sebelum jadwal yang sudah ditetapkan.
  3. Praktikan (mahasiswa) mengisi buku kunjungan laboratorium.
  4. Pengguna laboratorium wajib membaca prosedur keselamatan kerja di laboratorium.
  5. Dosen, asisten dosen dan praktikan (mahasiswa) membawa buku panduan atau daftar tilik sesuai praktikum atau kompetensi yang akan dilakukan.
  6. Dosen beserta praktikan (mahasiswa) melakukan pemeriksaan kelengkapan alat sesuai formulir peminjaman alat yang diberikan kepada penanggung jawab laboratorium atau laboran .
  7. Dosen, asisten laboratorium dan praktikan (mahasiswa) menjaga kebersihan ruangan dan alat yang dipinjam selama dan setelah praktikum.
  8. Praktikan (mahasiswa) mengembalikan alat yang telah digunakan dalam keadaan bersih, baik dan lengkap dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Pengembalian alat yang rusak (tidak hidup, patah, pecah, robek dst) atau alat tidak lengkap sesuai yang tertera di formulir peminjamandiberikan waktu 1 minggu untuk pengembalian dengan mengisi formulir penggantian alat yang sudah tersedia.
  • Mahasiswa yang meminjam alat hanya diberikan waktu peminjaman sesuai kesepakatan atau maksimal 1 minggu. Apabila terlambat akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan STIKes Fort De Kock.

Penelitian
Ketentuan

  1. Menyerahkan surat izin penelitian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan proposal penelitian.
  2. Mengisi Format Izin Penelitian
  3. Membayar biaya administrasi penelitian sebesar Rp. 50.000,00 untuk mahasiswa, Rp. 100.000,00 untuk dosen dan Rp. 150.000,00 untuk umum.

Bebas Laboratorium

  1. Peneliti menyelesaikan seluruh kewajiban terkait pembviayaaan pelaksanaan penelitian.
  2. Peneliti melengkapi persyaratanrnbebas laboratorium berupa soft copy hasil penelitian (full manuscrip)

Pengabdian Masyarakat

  1. Menyerahkan surat tugas dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKes atau lembaga terkait.
  2. Mengisi format izin Pengabdian Masyarakat
  3. Pelaksana pengabdian masyarakat menyediakan atau menanggung seluruh biaya alat dan bahan habis pakai sesuai dengan jumlah yang digunakan

Pelayanan Kesehatan

  1. Mengisi format registrasi .
  2. Pelayanan atau pengujian substansi dikenakan biaya sesuai dengan ketetapan

Tata Tertib Penggunaan Laboratorium Sentral Sains Terapan

  1. Harus mempelajari lebih dahulu metode, cara kerja alat atau jenis pekerjaan yang akan dilakukan di laboratorium.
  2. Harus membaca buku manual dan SOP alat yang digunakan.Jika tidak terdapat buku manual, tanyakan kepada teknisipenanggung jawab atau dosen pembimbing bagaimana cara mengoperasikan alat tersebut secara benar.
  3. Harus memakai alas kaki laboratorium atau sepatu laboratorium apabila sedang bekerja di dalam laboratorium Uji.
  4. Untuk tahap-tahap pekerjaan yang membahayakan seperti bekerja dengan UV, bahan kimia yang berbahaya harus menggunakan peralatan-peralatan atau sarana-sarana keamanan selama di laboratorium seperti kacamata atau google, masker mulut dan sarung tangan.
  5. Harus memperhatikan keadaan diri sendiri, orang lain dan fasilitas laboratorium.
  6. Harus memberi label yang jelas pada semua bahan,larutan, sampel, media, kultur yang meliputi nama bahan, informasi tentang keamanan, konsentrasi, pemilik atau pembuat, tanggal dibuat dan tanggal kadaluarsa.
  7. Harus bekerja sama di laboratorium dengan mematuhi dan memenuhi standar bekerja di laboratorium yang baik, seperti tidak memipet dengan mulut, tidak mencium dan melihat bahan kimia secara langsung dan lain-lain.
  8. Harus menuliskan semua bahan yang habis atau kerusakan alat.
  9. Harus membuang barang atau bahan yang tidak diperlukan di tempat yang disediakan.
  10. Bahan-bahan kimia berbahaya harus dibuang pada tempat yang telah disediakan dan tidak dibuang ke tempat pembuangan umum (saluran air, tempat sampah biasa).
  11. Mikroorganisme patogen bagi manusia atau hewan harus disterilkan sebelum dibuang ke tempat umum atau saluran pembuangan.
  12. Jangan meninggalkan alat bekerja sendiri tanpa pengawasan.
  13. Tidak diperkenankan menyimpan makanan di lemari pendingin atau tempat lain di dalam laboratorium.
  14. Praktikum kelas memiliki prioritas dalam penggunaan fasilitas laboratorium.
  15. Mahasiswa yang melakukan penelitian dengan dana penelitian dosen dibebankan biaya peminjaman alat gelas yang umum dipakai seperti Erlenmeyer, tabung reaksi dll.
  16. Menanggung sendiri biaya setiap pemakaian barang habis pakai (bahan kimia, gas, kertas dan lain-lain) serta mengganti biaya perawatan fasilitas laboratorium sebagaimana telah dijelaskan.
  17. Kerusakan alat karena kecerobohan pengguna harus ditanggung oleh pengguna yang bersangkutan baik pada saat melakukan praktikum atau penelitian.
  18. Tidak diperkenankan membuang sisa bahan, larutan, sampel, media dan kultur ke dalam saluran air.
  19. Staf pengajar, koordinator laboratorium, teknisi atau petugas keamanan diberi kewenangan untuk memberhentikan pekerjaan mahasiswa yang tidak memiliki izin.
  20. Mahasiswa menerima sanksi yang diputuskan oleh Pengelola Laboratorium Sentral Sains Terapan dan staf pengajar jika melanggar ketentuan-ketentuan yang berlaku.
  21. Setelahpelaksanaan penelitian diharuskan membuang semua sisa bahan penelitian yang sudah tidak dipakai lagi dalam tempat yang telah ditentukan.
  22. Jika mengalami kesulitan atau memerlukan konsultasi dapat menghubungi koordinator atau analis Laboratorium Sentral Sains Terapan atau dosen pembimbing.
TataTertib Penggunaan Laboratorium Komputer
  1. Tidak memakai alas kaki kedalam laboratorium.
  2. Penambahan penggunaan alat,seperti : UPS, komputer atau penambahan aplikasi dimohon untuk konfirmasi ke koordinator laboratorium.
  3. Kendala apapun yang terkait jaringan atau perangkat, hubungi koordinator laboratorium.
  4. Setelah pemakaian, perangkat labor mohon untuk dimatikan.