Guidelines | FORT DE KOCK DEBATING CHAMPIONSHIP

Guidelines | FORT DE KOCK DEBATING CHAMPIONSHIP

Kemampuan berbahasa Inggris merupakan cerminan kemampuan mahasiswa untuk mampu bersaing secara glabal didunia internassional, banyak cara dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris mahasiswa, salah satunya dengan mengadakan lomba debat bahasa Inggris diberbagai tatanan ptingkat pendidikan. Lomba debat menjadi bagian penting dari kompetisi di era global. Lomba debat ini menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan kemampuan berargumentasi. Kemampuan bahasa Inggris yang baik akan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat internasional. Sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual. Kegiatan ini juga merupakan turunan dari kegiatan yang diadakan oleh RISTEK DIKTI, sehingga prosedur dan pedoman yang digunakan mengacu kepada pedoman yang disusun oleh RISTEK DIKTI.

img-1513832712.jpg

Menyadari pentingnya lomba debat bagi peningkatan kualitas lulusan dan pendidikan tinggi, STIKes Fort De Kock melalui Lembaga Bahasa menyusun rancangan kegiatan Fort De Kock Debating Championship ( FDKDC)dengan mengacu kepada pedoman dari RISTEK DIKTI. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan di STIKes Fort De Kock pada tahun 2017 ini, dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahunnya, kegiatan ini juga merupakan persiapan STIKes Fort De Kock untuk mengikuti kegiatan National University Debating Championship (NUDC) yang dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan National University Debating Championship (NUDC) menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya. Tahun 2017, NUDC menambahkan dua kategori lomba yaitu Public Speaking dan Essay Writing. Lomba non debate ini memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta NUDC untuk berpartisipasi aktif dalam kategori selain debat dengan tujuan memperkuat keterampilan berargumen dalam berkomunikasi lisan dan tulisan secara individu.

Pedoman ini disusun agar penyelenggaraan FDKDC di Lingkungan STIKes Fort De Kock antar program studi yang ada dan kemudian akan dilaksanakan di tingkat perguruan tinggi sekota Bukittinggi dan mengikuti kegiatan NUDC tingkat Kopertis Wilayah X sebagai persiapan untuk NUDC tingkat Nasional dapat terlaksana dengan baik. Selain Pedoman FDKDC, STIKes Fort De Kock dan Lembaga Bahasa, juga menerbitkan petunjuk teknis penyelenggaraan FDKDC.

Kepada semua pihak yang membantu tersusunnya pedoman umum ini kami mengucapkan terima kasih.

Bukittinggi, Desember 2017
Lembaga Bahasa,

Ttd

Ns. Yelmi Reni Putri, S.Kep, MAN
NIDN : 1001068001


img-1513832283.png
Download Full Guidelines