Menyingkirkan Virus Hati, Meraih Imunitas

Menyingkirkan Virus Hati, Meraih Imunitas

  • Rabu, 18 Maret 2020
  • Admin
Menyingkirkan Virus Hati, Meraih Imunitas

img-1584509911.jpg
Ns. Silvia, M.Biomed
Wakil Rektor II Universitas Fort De Kock


Hati dalam ilmu kesehatan merupakan salah satu organ penting yang berperan saat metabolisme dengan salah satu fungsinya menetralisir racun.

Sehingga jika fungsi hati terganggu, maka muncul salah satu penyakit hati yang disebut chirrosis hepatis.

Kesehatan organ hati secara medis juga harus diseimbangkan dengan hati menurut islam.

Hati menurut islam seperti Hadits yang diriwayatkan Bukhori, "Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik, maka baiklah seluruh tubuh ini. Dan jika dia buruk,maka buruklah seluruh tubuh, ketahuilah bahwa dia adalah hati".

Penyakit hati dalam islam merupakan penyakit yang ada dalam hati seseorang yang bisa mempengaruhi prilaku dan perbuatannya.

Diantara prilaku yang ditimbulkannya adalah : sombong, hasad, iri, dengki, riya, bakhil dan ujub (bangga diri dengan apa yang dimiliki).

Saat ini, kita banyak fokus menata dan mengelola kesehatan fisik dan terlupakan mengelola penyakit hati, yang dampaknya tidak hanya di dunia, tapi sampai ke akhirat kelak.

Jika dalam hati ada penyakit hati, maka kondisi dalam tubuh yang mendominasi adalah gen negatif, sehingga seseorang akan mudah mengalami stres, galau, membenci dan sifat negatif lainnya.

Tetapi sebaliknya, jika seseorang telah menyingkirkan virus-virus yang menyebabkan penyakit hati, maka hatinya akan menuntun utk berpikir jernih, jauh dari stress, redho dengan apa yang ditakdirkan, maka akhirnya yang muncul adalah perasaan senang, bahagia, dan rasa tenang.

Hal yang demikian merupakan sinyal tubuh telah didominasi oleh gen-gen positif.
Perasaan ini akan mempengaruhi kinerja sistem syaraf, endokrin dan sistem imun/kekebalan tubuh yang disebut psiko-neuro-endokrin-imunologi.

Akhirnya bisa kita disimpulkan bahwa fikiran dan perasaan akan mempengaruhi sistem syaraf yang diteruskan ke kelenjar hormonal, sehingga menghasilkan hormon yang baik untuk kesehatan, dan terwujudlah sistem kekebalan tubuh yang maksimal.

Semoga dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, diiringi dengan pola hidup sehat maka kita bisa terhindar dari serangan mikroorganisme baik dalam bentuk virus, kuman, jamur dan sebagainya



List Komentar

asd

Sabtu, 24 April 2021

asd

Tinggalkan Komentar





BERITA LAINNYA